Kerjasama DJCorp dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk mewujudkan e-Goverment

Kerjasama DJCorp dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk mewujudkan e-Goverment

Bandar Lampung – Dalam mewujudkan e-goverment Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Hi Mustafa, MH menggandeng Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya serta PT. Darmajaya Digital Solusi (DJCorp) dalam pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi dan Layanan Administrasi Kampung (SiKam) Smart Nitizen Lampung Tengah.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Hi Mustafa, MH dan Rektor IBI Darmajaya, Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc di Aula Pascasarjana Kampus Darmajaya kemarin 06 April 2018.

Perjanjian kerjasama tersebut terkait dengan penyediaan dan pemanfaatan aplikasi SiKam, pelatihan penggunaan aplikasi SiKam bagi aparatur, pemeliharaan aplikasi dan transfer of knowledge pemeliharaan aplikasi SiKam.

Dr. Ir. Hi Mustafa, MH mengatakan, kerjasama tersebut bentuk saling mendukung antara Kabupaten Lampung Tengah dan IIB Darmajaya yang bersinergi dalam rangka mewujudkan e-goverment melalui sistem pemerintahan daerah yang transparan dan efisien.

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan ditingkat desa, kecamatan, dan kabupaten di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

“Saya sangat mengapresiasi generasi muda Lampung dari lulusan IIB Darmajaya yang cerdas menguasai teknologi informasi digital, dan memiliki semangat besar untuk berkontribusi dalam pembangunan Lampung khususnya Kabupaten Lampung Tengah,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama DJCorp, Davit Kurniawan, S.Kom.,  mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Kabupaten Lampung Tengah kepada generasi muda Lampung yang tergabung dalam DJCorp untuk merancang aplikasi SiKam dan aplikasi ronda Lampung Tengah (ronda online).

“Aplikasi ronda memuat data warga se-Lampung Tengah, info berita update di Lampung Tengah, warung kampung sebagai wadah promosi usaha warga atau jual beli, informasi tempat ibadah, rumah sakit, klinik, puskesmas, pos polisi, dan ambulans. Adapula tombol alarm yang terkoneksi ke admin atau aparat terkait yang dapat digunakan saat kejadian mendesak seperti kebakaran, pohon tumbang yang memerlukan tindakan segera,” terang alumni Darmajaya ini.

Sementara itu, Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc menerangkan DJCorp merupakan wadah yang mengakomodir alumni-alumni IIB Darmajaya yang memiliki potensi, kemampuan, dan kemauan besar untuk mencari solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat yang fokus pada pengembangan teknologi informasi digital.

“Mudah-mudahan kerjasama antara Kabupaten Lampung Tengah dan Darmajaya bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” harapnya.

Penandatangan MoU turut dihadiri Ketua Yayasan Alfian Husin, Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) Provinsi Lampung, Asisten I Bupati Lampung Tengah, Kepada Dinas Komunikasi (DISKOMINFO) Lampung Tengah, Kepada Dinas Pendidikan Lampung Tengah, Kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Lampung Tengah, Kepada Dinas Perindustrian Lampung Tengah, Kepada Dinas Pasar Lampung Tengah, Kepada Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Lampung Tengah, Kepala Bagian Hukum Lampung Tengah serta Kepala Pemberdayaan Masyarakat Kampung Lampung Tengah.

Leave a Reply