DJCORP KOLABORASI BERSAMA BEKRAF DALAM EVENT L’DIVE

DJCORP KOLABORASI BERSAMA BEKRAF DALAM EVENT L’DIVE

Bandar Lampung – gelaran bergengsi Lampung Digital Creative (L’Dive) Sukses diselenggarakan secara serentak oleh Komunitas Krakatau Digital Movement yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Bank Indonesia (BI) Yang di Support oleh PT. Darmajaya Digital Solusi (DJCorp), generasi binaan Bank Indonesia (GENBI) Lampung dan Yayasan desa Politan Indonesia (DESINDO) lampung, di Ballroom kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung pada tanggal 22-23 November 2017.

 

Dibalik  kesuksesan acara tersebut sebelumnya telah dilaksanakan Ignition Road to Campus guna positive influence “getok tular” kepada teman-teman tentang ekonomi kreatif berbasis digital,  yang diadakan di 3 Universitas yang ada di tiga kota besar di Lampung yaitu Bandar Lampung, Pringsewu, & Metro. Kegiatan L’Dive berhasil diikuti ratusan mahasiswa dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Universitas Lampung (UNILA), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), STMIK Pringsewu, STMIK Dharma Wacana Metro, Perguruan Tinggi lainnya dan peserta umum.

Acara dibawakan dengan kosep dan tema kekinian “zaman now” dengan pembawa acara dan mentor-mentor yang ternama di Lampung dan luar Lampung sehingga acara berjalan dengan asik meriah dan menarik.

Di hari pertama kegiatan tersebut menghadirkan pembicara dari Ketua Yayasan Alfian Husin yaitu Dr. H. Andi Desfiandi, SE., MA, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF, Dr. Ing. Abdur Rohim Boy Berawi, MSc, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT, dan Inisiator Krakatau Digital Movement, Davit Kurniawan, SKom., CCNA. Peserta juga belajar banyak tentang konsep bisnis startup digital melalui pemateri dari Batik Fractal Bandung, dan Agro Farm.

Davit Selaku Pendiri Krakatau Digital movement mengatakan bahwa terbentuknya Krakatau Digital Movement terinspirasi dari beberapa pemuda di Lampung yang mampu memanfaatkan dunia digital untuk berbagi informasi dan mengembangkan bisnis.

“Saat ini teknologi berkembang pesat, maka prospek bisnis berbasis digital sangat luas. Bahkan, beberapa nilai saham perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) jauh lebih besar dari perusahaan konvensional. Untuk itu, pemuda Lampung jangan sekedar jadi penonton, harus jadi pemain. apalagi beberapa negara luar sudah banyak masuk berinvestasi pada ekonomi berbasis digital di Indonesia” tambah Dr. Andi Desfiandi.

Menanggapi kegiatan tersebut, Dr. Ing. Boy Berawi mengapresiasi Krakatau Digital Movement yang sukses menyelenggarakan L’Dive. Hal itu membuktikan bahwa pengembangan dan pembinaan ekonomi kreatif bukan hanya ranah dan tugas pemerintah, tetapi, juga menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan, termasuk perguruan tinggi dan elemen lainnya.

Ia menyatakan, saat ini seringkali kompetensi di dunia kerja tidak sesuai dengan kurikulum dunia pendidikan. Banyak sarjana yang tidak terserap di dunia kerja, dan bekerja tidak sesuai dengan gelar akademik.Untuk itu, pemuda Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kreativitasnya supaya mereka tidak hanya mampu bersaing di dunia kerja, tapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Harapan saya ke depan, event seperti ini bisa terus terselenggara sebagai upaya meningkatkan daya saing dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya mendorong startup digital di Lampung,” harapnya. Pada dihari kedua, peserta memperaktekan langsung konsep pemograman Android, membuat project Android, running App, create activity Android, dan bekal/tips menjadi Android Developer, Digital Banking UI/UX Lead BTPN, pengenalan User Interface/User Experience (UI/UX), membangun konsep design yang menarik, membuat prototyping, dan tips menjadi designer UI/UX professional.

Leave a Reply